oleh

Terkini Situng KPU : Data Masuk 45.83 Persen, Jokowi-Ma’ruf Unggul 56.43 Persen

MAKASSARTIMUR.COM, Jakarta- Dirilis dari website KPU Hasil Hitung Sementara Pilpres 2019, rekapitulasi yang berjalan dengan progres 372.825 TPS dari 813.350 TPS, pukul 10.33 WIB, Minggu 28April 2019, pasangan Jokowi-Ma’ruf unggul dengan perolehan suara sebanyak 56.43 persen dan pasangan Prabowo-Sandiaga sebesar 43.57 persen.

Pasangan Jokowi-Ma’ruf meraih dukungan suara sementara sebesar 39.515.422 sedangkan pasangan Prabowo-Sandi meraih suara sebesar 30.506.904 suara.

Dalam situs ini KPU menyampaikan bahwa data entri yang ditampilkan pada menu Hitung Suara adalah data yang disalin apa adanya/sesuai dengan angka yang tertulis pada Salinan Formulir C1 yang diterima KPU Kabupaten/Kota dari KPPS.

Apabila terdapat kekeliruan pengisian data pada Formulir C1, dapat dilakukan perbaikan pada rapat pleno terbuka rekapitulasi di tingkat kecamatan, apabila terdapat perbedaan data antara entri di Situng dan Salinan Formulir C1, akan dilakukan koreksi sesuai data yang tertulis di Salinan Formulir C1.

BACA JUGA  Temukan Kelemahan Situs KPU, Arik Dijemput Direktorat Tindak Pidana Kejahatan Siber Bareskrim Polri

Data yang ditampilkan di Situng bukan merupakan hasil resmi penghitungan perolehan suara. Penetapan hasil rekapitulasi penghitungan perolehan suara dilakukan secara berjenjang sesuai tingkatannya dalam rapat pleno terbuka.

Semua hasil akan dilakukan perhitungan secara manual oleh KPU, berikut tahapan perhitungan suara :

1. Pemungutan dan Penghitungan Suara

Usai pencoblosan pada 17 April 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan melakukan pemungutan dan perhitungan suara. Pemungutan dan perhitungan suara dilakukan pada rentang waktu 8 April 2019 – 17 April 2019, periode waktu yang tertera termasuk waktu pencoblosan di luar negeri.

BACA JUGA  Shalat Tarawih Pertama, Prabowo Subianto di Hambalang dan Sandiaga Uno di Jaksel

Setelah itu KPU baru akan melakukan rekapitulasi perhitungan suara secara real count dan manual. Rekapitulasi itu dilakukan pada 18 April 2019 – 22 Mei 2019

2. Penyelesaian Sengketa Pilpres

Selesai perhitungan suara, Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan mengumumkan hasil resmi pemenang Pilpres 2019. Sebelum pengumuman tersebut, KPU memberikan waktu kepada pihak yang ingin menggugat hasil Pilpres. Jika ada gugatan, KPU menyelesaikan sengketa itu pada 23 Mei 2019 – 15 Juni 2019.

3. Pengumuman Pemenang

Apabila hasil Pilpres dapat diterima oleh berbagai pihak, Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan langsung mengumumkan pemenang pilpres 2019. Namun hingga saat ini, KPU belum menjadwalkan waktu pelaksanaan pengumuman resmi pemenang pilpres.

BACA JUGA  2 Bendera Parpol Pengusung Jokowi-Ma'ruf Berkibar Pada Kampanye Sandiaga Uno di Sidrap

Dalam situs KPU, soal kapan waktu pengumuman pemenang Pilpres 2019 akan diumumkan setelah ada putusan sengketa Pilpres di Mahkamah Konstitusi. Dengan catatan jika ada gugatan sengketa Pilpres.

4. Pelantikan Capres-Cawapres

Setelah resmi diumumkan pemenang pilpres, pada Oktober mendatang capres-cawapres akan dilantik, biasanya pelantikan itu dilakukan di Gedung DPR/MPR.

 Penulis : Fardhan NT
Editor : Adhitya

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *