oleh

Rapat Persiapan Debat Capres Kedua

makassartimur.com. Jakarta,_ Bersama perwakilan Tim Kampanye Nasional (TKN) 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin, Badan Pemenangan Nasional (BPN) 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Salahudin Uno, Komisi Pimilihan Umum (KPU) beserta TV penyelenggara debat kedua menggelar rapat guna membahas persiapan untuk menghadapi pelaksanaan Debat Capres Kedua, 17 Februari 2019 mendatang.

Pertemuan yang diselenggarakan Jumat (25/1/2019) siang, telah menghasilkan beberapa kesepakatan diantaranya adalah mulai dari nama moderator,  perubahan tata letak (layout) debat, hingga usulan perubahan susunan acara (rundown).

Arief Budiman Ketua KPU RI mengawali dengan mengungkapkan hasil kesepakatan terkait nama moderator yang akan memandu jalannya debat.

BACA JUGA  Menjelang Sahur 22 Mei Suasana Dikawasan Bawaslu Kian Mencekam, Polisi Tembakkan Gas Air Mata
Pengundian Urutan Debat Capres Kedua

Pria asal Jawa Timur itu mengatakan, moderator pada debat kedua tetap berjumlah dua orang, dengan nama yang dipilih Tommy Tjokro serta Anisha Dasuki.

” Tapi kami akan menghubungi yang bersangkutan dulu, kalau yang bersangkutan menyatakan bersedia, kalau tidak bersedia maka akan batal usulan tadi yang disepakati,” ujar Arief di Ruang Sidang Utama KPU.

Pada kesempatan Arief juga menyampaikan beberapa hal terkait rencana perubahan tata letak panggung debat yang akan berbeda dengan debat sebelumnya.

Adanya perubahan pada posisi penonton (audiens) dan pendukung yang akan ditempatkan dibelakang moderator.

Debat pertama, dimana pendukung berada dibelakang kandidat.

BACA JUGA  Tim Hukum Prabowo-Sandi Jadikan Pidato SBY Sebagai Bukti di MK

“Tidak ada lagi pendukung (di belakang kandidat) sehingga publik dirumah fokus, tidak terganggu pandangan oleh pendukung dibelakang calon,” tambah Arief.

Pada kesempatan itu Arief juga menyampaikan sejumlah hal baru yang coba ditampilkan dalam debat capres nanti.

Adanya segmen khusus yang akan diberikan moderator kepada masing-masing kandidat agar bisa saling menjawab dan menanggapi dalam waktu yang lebih panjang atau ada sesi dimana gambar dari tv penyelenggara akan merekam detik-detik persiapan hingga kedatangan dari dua calon, dari kediaman masing-masing sampai menuju lokasi debat.

“Mudah-mudahan ini bisa memunculkan kultur kita, keramahtamahan kita,” Jelas Arief.

BACA JUGA  Ibrahim Saleh Prioritaskan Pemenuhan Hak Dasar Masyarakat

Diakhir rapat dilakukan pengundian untuk menentukan urutan penyampai visi misi dari para capres.

Capres nomor urut 02 terpilih sebagai yang pertama menyampaikan visi misinya didebat dilanjutkan dengan capres nomor urut 01.

Begitupun dengan urutan penyampaian pesan penutup (closing statement) debat, yang terpilih adalah capres nomor urut 01 sebagai pasangan yang pertama dan capres nomor urut 02 sebagai yang kedua.

Penulis : Ryand
Editor : ADT

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *