oleh

KPU Pangkep : 16 TPS di Pangkep Lakukan Pemungutan Suara Ulang 27 April 2019

MAKASSARTIMUR.COM, Pangkajene – Burhan, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) mengatakan, lokasi tempat pemungutan suara ulang (PSU) di Kabupaten Pangkep bertambah menjadi 16 TPS.

“Penambahan lokasi tersebut setelah adanya temuan serupa dari pengawas kecamatan mendapati pemilih yang tidak seharusnya menggunakan hak suaranya karena tidak terdaftar sebagai daftar pemilih tetap,” ujar Burhan, Jumat 26 April 2019.

Burhan menambahkan, penyebab PSU karena kesalahan pemilih yang tidak memperhatikan aturan pemilu sebelum ke TPS.

BACA JUGA  Busranuddin Baso Tika Ditetapkan Sebagai Tersangka Kasus Politik Uang

“Petugas KPPS tidak mencermati pemilih dan KTP pemilih yang dating, hal itu menjadi salah satu penyebabnya,” ucap Burhan.

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pangkep Samsir Alam mengatakan, keluarnya rekomendasi untuk dilakukan PSU, setelah adanya temuan pemilih yang tidak sesuai dengan alamat KTP dan tidak memiliki surat panggilan.

“Mengacu pada Undang-undang nomor 7 tahun 2017 pasal 372, pasal 349, bahwa terdapat pemilih KTP luar Pangkep yang datang memilih, dan tidak memiliki A5, dari hasil kajian Panwascam, akhirnya rekomendasikan untuk dilakukan PSU,” jelasnya.

BACA JUGA  Sikap PAN Sama Dengan Capres Prabowo Subianto, Menolak Hasil Pemilu 2019

Adapun lokasi  PSU di Kabupaten Pangkep: DAPIL I, Kecamatan Minasatene, TPS 1 Biraeng, TPS 17 Biraeng, TPS 4 Minasatene, TPS 13 Minasatene., DAPIL II, Kecamatan Labakkang, TPS 4 Pundata Baji. Kecamatan Bungoro, TPS 2 Bori Appaka, TPS 8 Samalewa, DAPIL III, Kecamatan Ma’rang, TPS 2 Attang Salo, TPS 6 Talaka, TPS 11 Talaka, TPS 14 Talaka, TPS 1 Bonto-Bonto. Kecamatan Mandalle, TPS 5 Manggalung. Kecamatan Segeri, TPS 7 Bone, DAPIL IV, Kecamatan Liukang Tangaya, TPS 5 Tampaang, Pulau Aloang, DAPIL V, Kecamatan Liukang Tupabbiring Utara, TPS 4 Mattiro Uleng.

BACA JUGA  Didukung Sejumlah Komunitas dan Lembaga Dr. Sukriansyah S Latief, SH, MH Siap Ramaikan Pilwali Makassar 2020

Selain wilayah daratan ada juga wilayah kepulauan yakni Kecamatan Liukang Tangayya di TPS 5 Desa Tampaang. Disana mereka akan memilih presiden dan wakil presiden RI, DPR RI, DPD RI dan DPRD Provinsi.

Penulis : Mursalim
Editor : Adhitya

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *