oleh

Hadiri HUT Pangkep Ke-59, NA Mendorong Pihak Swasta Masuk Pulau

MAKASSAR TIMUR.COM, Pangkep,_ Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah dan istri Liestiaty F Nurdin menghadiri acara puncak peringatan HUT Ke-59 Kabupaten Pangkep di Lapangan Minasa Te’ne, Kecamatan Minasa Te’ne (21/02/19).

” Dengan Peringatan Hari Jadi Ke-59 Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan, Kita Tingakatkan Semangat Kerja Menuju Pangkep yang Maju, Inovatif dan Kolaboratif” menjadi tema pada HUT Kabupaten Pangkep tahun ini.

Dalam pidatonya NA menyampaikan bahwa, Pangkep memiliki potensi yang besar, baik di wilayah daratan dan kepulauannya dan yang perlu menjadi perhatian serius adalah masyarakat yang ada di pulau.

Pangkep memiliki 117 pulau dan ada 80an pulau yang berpenghuni, masalah yang dihadapi kabupaten Pangkep adalah kemiskinan yang angkanya tinggi di wilayah kepulauan. Serta masalah lainnya, adalah persoalan transportasi.

BACA JUGA  LSM Perak Maros Berharap Calon Sekda Maros Bebas Intervensi dan Merakyat

“Tentu masyarakat kita di pulau harus menjadi perhatian kita. Kenapa karena persoalan kemiskinan,” ujar Gubernur Sulawesi Selatan tersebut.

Nurdin Abdullah juga mengungkapkan bahwa kabupaten Pangkep adalah daerah yang kaya, hanya saja persoalan listrik dan transportasi yang menjadi indikator kemiskinan, belum bisa terselesaikan di wilayah pulau-pulau.

Pemerintah Provinsi akan membantu, terutama apa yang menjadi program prioritas.

Sulsel memiliki APBD Rp10 triliun, dan akan membantu daerah-daerah yang membutuhkan.

Pemerintah akan berupaya menghadirkan tranportasi yang baik guna mendukung program Pemkab, dimana dua kali dalam sebulan menyediakan layanan transportasi penjemputan warga ke pulau-pulau.

BACA JUGA  Jalan Trans Papua Barat Rusak Parah, Warga Harus Jalan Kaki 5 Kilometer

“Nanti provinsi fasilitasi dari pulau kecil hingga ke pulau besar,” ujar NA

NA melanjutkan, selain pemerintah, juga mendorong pihak swasta masuk ke pulau untuk hadir menghasilakan listrik dengan power plan.

Selain itu, NA menyebutkan untuk infrastruktur lainnya seperti jalan jika daerah tidak memiliki cukupa dana akan dibantu melalui bantuan Keuangan Daerah.

“Dan akses jalan kalau itu tanggung jawab daerah kita berikan bantuan keuangan daerah, dan bapak yang kerjakan sendiri,” sebutnya.

Diakhir pidatonya, NA menghombau agar masyarakat kabupaten Pangkep dapat menciptakan Pemilu yang damai.

NA juga menyampaikan, program yang akan dihadirkan di Pangkep tahun depan adalah membangun Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL).

BACA JUGA  Jeneponto Terima Penghargaan Kalpataru Pada Pekan Lingkungan Hidup dan Kehutanan

“IPAL paling besar di Pangkep, kita punya air baku kita di Tabo-tabo cukup besar,” jelasnya.

Termasuk pengerukan sungai-sungai, agar transportasi masyarakat dapat berjalan dengan baik.

Pada kesempatan ini, NA juga memberikan bantuan ambulans laut, meresmikan beberapa proyek dan melaunching Pangkep TV.

Bupati Pangkep, Syamsuddin Hamid dalam sambutannya menyampaikan, bahwa dirinya optimis kabupaten Pangkep bisa menjadi kabupaten terbaik di Sulsel,” ujarnya

Penulis : Arsyad Late
Editor : Adhitya

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *