oleh

Damkar Kota Makassar 15 Jam Berjibaku Melawan Amukan ‘Si Jago Merah’ di TPA Tamangapa

MAKASSARTIMUR.COM, Makassar.- Selama 15 jam berjibaku melawan amukan ‘Si Jago Merah’ akhirnya petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Makassar berhasil menjinakkan kebakaran Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah Tamangapa, Makassar, kebakaran tersebut terjadi sejak kemarin.(15/09/19)

Musibah kebakaran yang terjadi di TPA Tamangapa, Makassar, Minggu (16/9/19) sejak pukul 13.30 Wita, api berhasil dipadamkan pagi tadi, Damkar Kota Makassar mengerahkan 15 unit mobil pemadam.

Dikutip dari detikcom “Tadi subuh, pukul 05.00 Wita itu api sudah padam. Kemudian ada 15 armada yang kami terjunkan ke lokasi,” kata Muh. Hidayat selaku salah seorang Komandan Regu Damkar Makassar, saat dikonfirmasi detikcom, Senin (16/9/2019).

BACA JUGA  Jenazah Ani Yudhoyono Tiba Lanud Halim Perdana Kusuma

Hidayat mengatakan pihaknya mengerahkan 30 petugas Damkar dikerahkan ke lokasi.

Petugas secara simultan memadamkan api sejak siang kemarin hingga pukul 05.00 Wita subuh tadi, sekitar 15 jam lamanya, dan sedikitnya 70 tangki air dipasok ke lokasi.

“Memang cukup lama baru padam. Itu karena titik api mudah menyebar. Karena ada gas metan pada sampah, jadi mudah sekali menyebar, belum lagi angin yang sering berubah arah,” ungkap Hidayat.

BACA JUGA  Viral......Seorang Ibu Bawa Kabur Tas 'Branded' Dari Dalam Mall

Meski api sudah berhasil dipadamkan, namun sejumlah petugas Damkar Kota Makassar terlihat masih siaga di lokasi, mereka khawatir kalau api muncul kembali.

“Ini banyak asap berarti api sudah padam. Tapi kami tidak bisa tinggalkan. Karena kalau sampah begini, banyak gas, sewaktu-waktu api muncul kembali, bisa langsung kami antisipasi biar tidak meluas,” kata Komandan Regu Damkar lainnya, Sahabuddin yang baru mendapat giliran bertugas pagi ini.

BACA JUGA  Jelang Pilkada Pangkep 2020 Popularitas Andi Yatrib Pare Kian Meroket

Sejumlah petugas dari unsur Pemkot Makassar, TNI-Polri, hingga warga setempat ikut berjaga di lokasi kejadian.

Posko kesehatan pun disiagakan, yang berjarak kurang lebih 50 meter dari TPA sampah Tamangapa.

Posko kesehatan tersebut diperuntukkan bagi warga di sekitar yang mengeluh pada pernapasan, atau petugas yang membutuhkan bantuan medis.

Penulis : Ari Wisudawan
Editor : Adhitya

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *