oleh

Animo Masyarakat Pangkep Menurun Pada Pemungutan Suara Ulang

MAKASSARTIMUR.COM, Pangkajene- Sebanyak 16 tempat pemungutan suara (TPS) di Pangkep, Sulawesi Selatan, menggelar Pemungutan Suara Ulang (PSU), meski begitu, antusiasme warga sangat kurang pada pencoblosan ulang di Pangkep ini.

Dari 16 TPS yang melakukan PSU, tidak semua melaksanakan pencoblosan untuk lima kertas suara, seperti pencoblosan lalu. Bahkan, ada satu TPS yang hanya melakukan PSU khusus untuk pemilihan presiden dan wakil presiden.

Seperti  halnya di TPS 01 Kelurahan Biraeng, Kecamatan Minasatene, TPS  ini terlihat sangat sepi dari pemilih sejak pagi hingga menjelang penutupan hal ini mungkin karena hanya mengulang pencoblosan pilpres, selain itu, sebagian besar warga lebih memilih tetap bekerja.

“Iye sepi, mungkin banyak warga yang pulang kampung dan bekerja, di sini juga cuma satu saja, untuk pilpres dan  disini DPT-nya itu ada 280, sekarang baru ada 55 persenan, kalau pemilu yang  lalu (17/4/19) itu hampir 90 persen,” kata Ketua KPPS 01 Biraeng, Anwar Said, Sabtu (27/4/19).

BACA JUGA  Jeneponto Terima Penghargaan Kalpataru Pada Pekan Lingkungan Hidup dan Kehutanan

“Ada lima orang (dari luar), 2 dari Papua dan sisanya dari Jawa. Saya salah paham, saya kira pemilih KTP dari luar itu tetap bisa mencoblos tanpa A5 dan hanya boleh pilpres saja, jadi saya waktu itu kasih kertas suara pilpres,” tuturnya.

Untuk PSU di 16 TPS itu, KPU Pangkep mengeluarkan anggaran lebih dari Rp 100 juta, TPS yang mendapatkan anggaran terbesar adalah TPS di Pulai Aloang, Kecamatan Liukang Tangaya, yang mencapai Rp 40 juta. Jaraknya yang berbatasan langsung dengan Sumbawa, NTB, membuat petugas terpaksa menggunakan pesawat untuk sampai ke sana.

BACA JUGA  20 Menit Ikuti Terapi Air Laut, Seorang Pria Paruh Baya Tiba-tiba Meninggal Dunia

“Dana yang kita siapkan itu lebih dari Rp 100 juta. Rata-rata lima juta per TPS, Nah satu TPS di pulau terluar memang kita anggarkan sampai Rp 40 juta karena jaraknya yang jauh, meskipun DPT-nya hanya 157 suara saja,” kata Ketua KPU Pangkep.

Proses PSU di 16 TPS di Pangkep, sian ini sudah ditutup dan petugas sudah mulai melakukan penghitungan suara, Pangkep adalah  salah satu daerah yang menggelar PSU terbanyak dari 91 TPS yang digelar serentak di 16 kabupaten/kota di Provinsi  Sulawesi Selatan hari ini.

BACA JUGA  Situng KPU : Partai Golkar Sementara Unggul di Sulsel

Penulis : Mursalim
Editor : Adhitya

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *